Rabu, 02 Desember 2015

Mengenal budaya tradisional Aceh

Rabu 2 Desember 2015

 Ramadhan Wibisono (jurnalis Tvone)

 Indonesia sangat kaya dengan budaya dan adat istiadat menarik, khususnya Nanggroe Aceh yang patut dilestarikan. Salah satunya tari Ranup lampuan yang menyambut kami bertujuh Tim #menyapanegeriku #sm3t Aceh Timur di SMAN 1 Peureulak Aceh Timur. Dengan anggun dan lincah lima siswi SDN 1 Peureulak ini menampilkan tari Ranup lampuan.

 Tari Ranup lampuan berarti sirih dalam puan atau tempat sirih khas Aceh awalnya dikenal di Banda Aceh kemudian berkembang ke seluruh wilayah tanah rencong. Tarian ini berlatar belakang adat atau kebiasaan masyarakat serambi Mekah menerima dan memuliakan tamu. Tarian yang diciptakan almarhum Yuslizar, warga asli Aceh pada 1959 ini memiliki arti tersendiri di tiap gerakan seperti memetik sirih kemudian membuang tangkainya, membersihkan sirih hingga menyuguhkan sirih kepada tamu.

 Penyambutan adat setempat kepada kami tak berakhir di Ranup lampuan. Sejumlah gadis cantik murid SMAN 1 Peureulak menyajikan tarian yang juga khas Aceh, ati awai. Tarian ini menggambarkan beragam permainan tradisional Aceh. Sebelumnya, dua orang kami pun didaulat mengikuti upacara peusijuk yang berarti penyampaiannya doa oleh ketua adat agar kegiatan kami selama di Aceh Timur berjalan lancar sekaligus bermanfaat positif untuk masyarakat.





































Tidak ada komentar: